Perbaikan dan Perawatan Kulkas
Kulkas
adalah suatu unit mesin pendingin dipergunakan dalam rumah tangga, untuk
menyimpan bahan makanan atau minuman. Untuk menguapkan bahan pendingin
diperlukan panas.Lemari es memanfaatkan sifat ini. Bahan pendingin yang
digunakan sudah menguap pada suhu -200C. panas yang diperlukan untuk penguapan
ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun.
Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin.
Karena sirkulasi udara, ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya.
Komponen utama dari lemari es adalah kompresor, kondensor, katup ekpansi,
evaporator dan refrigerant. Lemari es bekerja dengan cara mensirkulasikan
refrigerant. Biasanya kondensor terletak dibelakan kulkas dan bersentuhan
dengan udara luar, sedangkan evaporator terletak di dalam yang akan berfungsi
untuk mendinginkan isi kulkas.
1.
Diagram Rankaian
2.
Jenis-Jenis
Kulkas
1.
Jenis Non Frezer
Lemari Es (kulkas) di rumah kita
digolongkan non Frezer apabila bagian di dalam lemari Es tidak hanya evaporator (Bagian
pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di bagian atas dan
ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkasdua pintu dan
seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar
dibandingkanevaporator kulkas satu pintu.Temperatur dingin pada rak-rak dibawah
evaporator, sebenarnya berasal dari hembusan udara dingin dari evaporator.
Bagian rak ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.
2.
Jenis Frezer
Lemari es Freezer dapat
membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi Es di bagiannya. Biasanya , lemari
es jenis ini digunakan untuk kegiatanwirausaha , sepertipenjual es batu atau es
lilin. Tidak seperti kulkasbiasanya kulkas Freezer memilikievaporator di setiap
raknya. Jadi kulkas freezer mampu membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es
non freezer .
3.
Jenis Door Glass
Refrigerator
Kulkas pintu kaca
termasuk jenis kulkas non freezer. Kulkas jenis ini digunakan khususuntuk
menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari
kaca,memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur
yangdihasilkan oleh kulkas pintukaca berkisar antara 10-16 derajat celcius.
Kulkas ini tidakmembekukan minuman yang ada di dalamnya, tetapi hanya
mendinginkannya ataumenyegarkannya.
Sebelum mengetahui cara kerja kulkas, ada baiknya kita mengenal bagian-bagian
kulkas terlebih dahulu. Kulkas memiliki 9 bagian atau komponen utama, yaitu :
1. Kompresor
Kompresor merupakan bagian
terpenting di dalam kulkas . Apabila di analogikan dengan tubuh manusia,
kompresor sama dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.
Begitu juga dengan kompresor, berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh
bagian kulkas.
Kompresor Hermetik
a.
rotor
b.
stator
c.
silinder
d.
poros engkol
e.
saluran isap
f.
saluran pengeluaran refrigerant
g.
sambungan
h.
terminal
2. Kondensor
Kondensor adalah alat penukar
kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi
menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas
saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem
refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk
yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja
kondensor akan terasa hangat bila dipegang.
3. Filter
Filter (saringan) berguna
menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin setelah melakukan
sirkulasi. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu,
bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih
sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal.
4. Evaporator
Evaporator berfungsi menyerap
panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas. Kemudian evaporator
menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai
fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam
menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan
logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium.
5. Thermostat.
Thermostat memiliki banyak
sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya,
thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan
batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Thermostat biasanya disebut saklar
otomatis yang bekerja berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai
dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan
listrik ke kompresor.
6. Heater.
Hampir keseluruan kulkas nofrost
dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas
berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator. Selain itu pemanas
dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak
penyimpan buah di bawah rak es.
7. Fan Motor.
Fan motor atau kipas angin berguna
untuk menghembuskan angin . Pada kulkas ada dua jenis fan, yaitu Fan
Motor Evaporator, yang berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator
keseluruh bagian rak (rak es , sayur ,dan buah), dan Fan Motor
Kondensor yaitu kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang
memiliki kondensor yang berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi mengisap
atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi juga
untuk mendinginkan kompresor.
Fan Motor
8. Overload Motor Protector
Overload motor protector adalah
komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara
kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik.
Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang
dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal.
9. Bahan Pendingin (Refrigerant).
Refrigerant adalah zat yang mudah
diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan
pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik
yang berbeda.
5.
SISTEM KERJA KULKAS
Sistem kerja lemari es dimulai dari
bagian kompresor sebagai jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga
penggerak. Pada saat dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan
memberikan tekanan pada bahan pendingin.
Bahan pendingin yang berwujud gas
apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu
tinggi.
Dengan wujud seperti itu, memungkinkan
refrigerant mengalir menuju kondensor. Dan disaring oleh Dryer / Filter. Pada
titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair,
Refrigerant cair bertekanan tinggi akan terdorong menuju pipa kapiler. Dengan
begitu refrigerant akan naik ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang
dimiliki oleh pipa kapiler.
Saat berada di dalam evaporator,
refrigerant cair akan menguap dan wujudnya akan kembali menjadi gas yang
memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah. Akibat dari proses tersebut,
udara yang berada di sekitar evaporator akan menjadi bersuhu rendah dan
akhirnya terkondensasi menjadi wujud cair.
Pada kondisi yang berulang akan
memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es.
Hal tersebut terjadi pada benda ataupun air yang dengan sengaja diletakkan pada
sekitar evaporator.
6.
Kerusakan yang bisaa terjadi pada
lemari es adalah :
1.
Mesin
kulkas tidak bekerja
Mesin kulkas ada yang mengalami
kerusakan sehingga tidak bisa bekerja sama
sekali meskipun socket sudah
terhubung ke sumber (PLN). Motor tidak terdengar bergerak, kompresorpun
demikian. Umumnya jika hal ini terjadi bisa disebabkan oleh:
a. Mungkin ada kabel jeck yang putus, maka langkah yang
harus dilakukan adalah :
Ø Memeriksa sambungan kabel dan jeck, bisaanya gangguan ada
di daerah ini dengan putusnya kabel.
Ø Periksa seluruh permukaan kabel mulai dari jeck sampai ke
mesin pendingin.
Ø Periksa pula sambungan yang menuju atau yang menempel
pada motor (dinamo). Mungkin pada tap‐tapnya terlepas.
b. Mungkin overload terbuka
Apabila gangguan terjadi tegangan menjadi turun bahkan hilang sama sekali,
maka lakukanlah hal berikut :
Ø Periksa sumber tegangan.
Ø Ukurlah tegangan yang masuk apakah sesuai dengan
kebutuhan mesinpendingin.
Ø Carilah lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik
menjadi turun.
c. Mungkin starting pada kapasitor terbuka
Hal yang perlu dilakukan adalah :
Ø Periksalah kapasitornya.
Ø Jika ternyata sudah aus, maka ganti dengan yang baru.
d. Mungkin kontak pada relay terus terbuka sehingga arus
tidak terhubung yangmenyebabkan motor tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati.
Langkah yangharus dilakukan adalah;
Ø
Periksa
kabel‐kabel pada relay yang
bersangkutan.
Ø
Periksa
plat‐plat apakah masih berfungsi.
Ø
Periksa
system penyetelan, apakah normal.
e. Open circuit pada starting winding tidak jalan sama
sekali.
Tindakan yang harusdilakukan adalah;
Ø
Jika
memang terdapat gangguan maka diperlukan perbaikan dengan cara pengaturan yang sesuai dengan petunjuk
kerja.
2.
Kompresor
tidak bisa start dan mendengung
Kemiungkinan Penyebabnya adalah
:
a. Adanya perawatan dan pemakaian yang salah
Hal‐hal yang haus
diperhatikan adalah;
Ø Periksalah socket (jeck) yang berhubungan dengan stop
kontak PLN, apakah ada kabel yang terlepas di dalamnya.
Ø Periksa bagian kabel penghubung arus, mungkin ada yang
terputus atau tidak stabil dalam penyambungannya.
Ø Periksa bagian tap‐tap penghubung ke kabel listrik, mungkin ada yang menempel kurang sempurna.
b. Adanya penurunan arus dan tegangan listrik yang masuk ke
mesin motor (dinamo).
Langkah‐langkah yang
bisa dilakukan adalah :
Ø
Periksa
pada bagian sumber tegangan.
Ø
Periksa
tap penghubung yang tidak terpasang sempurna.
Ø
Ukur
tegangan apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.
c. Adanya kapasitor starting yang terbuka
Langkah‐langkah yang
bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
Ø
Periksalah
apakah kapasitor starting sudah benar‐benar aus, jika benar sudah
aus sebaiknya jangan diperbaiki karena hal ini akan terulang lagi tetapi gantilah dengan yang baru dengan
kapasitas yang sama.
d. Adanya relay kontak yang terus terbuka. Jika system kerja
tidak normal bisamemberikan arus yang kecil bahkan hilang sama sekali.
Hal yang perludilakukan adalah sebagai berikut :
Ø
Periksalah,
mungkin posisi kontak tidak normal, jika memang demikian maka perlu dilakukan pengaturan sesuai
dengan petunjuk yang ada.
e. Adanya open circuit pada starting winding.
Langkah‐langkah
pemeriksaanya adalah :
Ø
Periksa
tap‐tap pada kontak yang
berhubungan dengan mesin kompresor.
Ø
Seandainya
ada yang terlepas dan bisa diperbaiki hendaknya dilakukan perbaikan dan jika tidak memungkinkan
diperbaiki maka gantilah dengan yang
baru.
f. Lilitan (spoel) korseleting dengan body
Langkah‐langkah yang
perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
Ø
Periksalah
apakah memang ada konsleting dengan menggunakan multimeter (Ohm meter).
Ø
Periksa
kontak‐kontak ujung atau tap‐tap spoel.
Ø
Perbaiki
dengan benar agar tidak terjadi lagi konsleting, bisaanya jika terjadi konsleting pada bagian ini maka
zeekering akan putus.
g. Adanya tekanan kompresor yang naik melebihi batas,
Langkah‐langkah
yangdiperlukan adalah sebagai berikut :
Ø Periksa filter atau saringan pada daerah dekat katup,
kemungkinan kotor karena tersumbat.
Ø Periksa discharge line, kemungkinan tersumbat, jika bisa
dibersihkan saja atau diganti dengan yang baru.
h. Adanya kompresor yang macet
Tindakan yang diperlukan adalah sebagai berikut :
Ø Periksalah kompresor, buka dengan hati‐hati, mungkin minyak pelumasnya berkurang atau habis
sehingga silinder mengembang dan piston macet.
Ø Berilah minyak pelumas sesuai dengan petunjuk yang
berlaku dan periksalah silinder maupun ring pistonya.
i.
Adanya
kerusakan pada kapasitor starting
3.
Kompresor
bisa start tapi starting winding tidak lepas
Jika gangguan ini terjadi,
kemungkinan penyebabnya adalah :
a. Mungkin ada arus listrik dari sumbernya turun
Langkah yang perlu dilakukan adalah :
Ø
Periksa
penghantar listrik, mulai dari stop kontak, kabel‐kabel
b. Mungkin ada rangkaian listrik yang salah.
c. Mungkin adanya bagian relay kontak yang rusak
Langkah‐langkah yang
harusdiperhatikan dalam hal ini adalah :
Ø Periksa hubungan arus pada relay menggunakan multimeter
Ø Periksa, kemungkinan ada bagian‐bagian yang kurang normal. Perlu diperbaiki sesuai dengan
pedoman.
Ø Jika memang relay rusak dan tidak bisa diperbaiki maka
sebaiknya ganti dengan yang baru.
d. Adanya kapasitas yang lemah. Periksa kapasitor, jika
terjadi kerusakan makasebaiknya diganti.
e. Adanya tekanan tinggi dibagian pipa bertekanan tinggi
(dari katub tekan pipadischarge line sampai pada pipa kondensor).
Pada tekanan tinggi yang melampaui batas kemungkinan pula adanya
gangguanpada kompresor, misalnya putaran kompresor yang tidak lancer. Maka
langkah yang perlu dilakukan adalah :
Ø Periksa kompresor, piston, dan ringnya.
Ø Periksa minyak pelumas barangkali berkurang.
Ø Periksa katub penghisap dan katub tekannya
Ø Periksa kerja dynamo dan segala yang berhubungan
dengannya.
4.
Overload
membuka, kompresor bisa start atau berkerja
Bagian‐bagian yang
diduga terdapat gangguan adalah :
a. Mungkin tegangan turun.
b. Arus yang melewati overload melebihi batas normal
Hal – hal yang perlu dilakukan adalah :
Ø Periksa pada bagian fan, mungkin pemasangannya tidak
tepat denganoverload, kemudian periksa lagi apakah ada bagian yang konsleting.
c. Pada bagian tekanan rendah terjadi kompresi (tekanan yang
tinggi).
d. Keadaan over load sudah aus atau lemah
Langkah yang bisa dilakukan adalah :
Ø Periksa overloadnya.
Ø Periksa arusnya apakah normal.
Ø Jika overload lemah maka gantilah dengan yang baru.
e. Running kapasitor aus atau rusak, jika rusak ganti dengan
yang baru.
f. Bagian stator yang konsleting dengan bodynya, periksalah
dengan menggunakanmultimeter, jika terjadi keruskaan maka harus diperbaiki atau
diganti.
g. Gerakan kompresi pada piston kompresor melemah.
h. Katub tekan pada discharge line bocor. Ini akan
menyebabkan overload terusmenutup dan tidak bisa bergerak secara otomatis. Bila
tekanan kurang darikeadaan sesungguhnya, katub kompresor perlu diganti dengan
yang baru.
i.
Pendingin
pada dynamo tidak mampu.
5.
Starting
kapasitor terbakar
Starting kapasitor berfungsi untuk
memperkuat motor pada saat mulai hidup. Jikakapasitor terbakar atau konsleting
maka ia akan terbakar. Gangguan tersebut dimungkinkan karena sebab‐sebab sebagai
berikut :
a. Terlalu sering start pada dynamo.
Keadaan seperti ini akan menambah beban bagi starting kapasitornya,
sebabdengan seringnya start, makin sering pula kapasitor membantu untukmenggerakkan
motor pada awal putarannya. Hal ini menyebabkan startingkompresor menjadi
terbakar.
b. Terlalu lama kumparan bantu starting winding bersambung
ketika start. Jika halini terjadi maka perlu dilakukan penaikan tegangan,
kemudian periksa relay jikarusak maka diganti.
c. Kemungkinan adanya gangguan pada relay.
d. Kemungkinan kapasitas kapasitor tidak sesuai.
e. Terminal kapasitor konsleting karena adanya air.
6.
Bagian
relay terbakar
Jika relay rusak, maka dynamo dan
kompresor tidak akan bekerja atau sebaliknya bekerja terus menerus tanpa
berhenti secara otomatis.
Relay yang rusak kemungkinan
disebabkan oleh :
a.
Adanya
arus dan tegangan yang rendah atau sebaliknya.
b.
Adanya
running kapasitor yang tidak sesuai
c.
Adanya
relay yang terus bergetar.
d.
Mungkin
relay tidak cocok dengan spoel running.
7.
Running
kapasitor terbakar
Jika running kapasitor terbakar akan
mengganggu dan mempengaruhi daya kerja
mesin. hal ini bisa disebabkan oleh;
a. Arus dan tegangan melebihi batas.
b. Ratting tegangan tidak cocok dengan kapasitor.
c. Terminal kapasitor basah dan terjadi konsleting
8.
Refrigerator
suction terlalu panas
Refrigerator suction yang terlalu
panas dan tidak dingin termasuk suatu gangguan.Hal ini tidak boleh dibiarkan.
Bisaanya pada suction memang dalam keadaan tempeartur tinggi tapi kadang kala berubah‐ubah. Jika tidak
berarti ada kesalahan pada rengkaian evaporatormaupun yang lainnya.
Dimungkinkan karena :
a. Pintu lemari es (mesin) pendingin sering dibuka.
b. Rak dalam ruangan kulkas terlalu penuhsesak isinya.
c. Makanan yang masih panas langsung dinamukkan ke dalam
ruang kulkas.
d. Kebocoran pada karet perapat pintu.
e. Lampu pada ruang kulkas tidak bisa mati secara otomatis.
f. Kesalahan dalam pengaturan thermostat (bisaanya kesalahan
pada penyetelan,yakni disetel pada posisi warmer, padahal jika dijumpai refrigerator
suctionyang terlalu panas, hendaknya thermostat disetel pada posisi colder).
g. Fan (kipas) sirkulasi dingin tidak normal kerjanya.
h. Katub penghisab pada kompresor tidak normal. Hal ini
disebabkan karena gasFreon tidak bisa dihisap oleh katub tersebut sehingga
terjadi tekanan padasuction line.
9.
Gangguan
berupa suara berisik
Kemungkinan suara berisik pada mesin
pendingin disebabkan oleh :
a. Adanya pipa yang berhimpitan dengan cabinet.
b. Adanya skrup atau baut yang kurang keras atau terlepas.
c. Mungkin pada fan ada kerusakan.
d. Mungkin pada kompresor terjadi kerusakan.
e. Jika memungkinkan untuk diperbaiki lagi maka diperbaiki
tetapi kalau kerusakanfatal sebaiknya diganti dengan komponen yang baru.
10.
Kompresor
macet
Motor berputar jika mendapat
tegangan, tetapi kompresor tidak bekerja. Karenakompresor tidak bekerja maka
gas Freon dalam rangkaian pipa akan pasip. Penyebab kompresor macet bisa
disebabkan oleh hal‐hal
sebagai berikut :
a. Adanya katub yang sudah aus (bila rusak hendak diganti
dengan yang baru).
b. Mungkin minyak pelumasnya berkurang (bisaanya terjadi
pada kompresor yangmenggunakan piston).
c. Mungkin kompresor terlalu panas, sehingga ruang silinder
akan mengembang sehingga menyebabkan penyempitan pada silinder sehingga menjadi
macet(bisaanya terjadi pada system menggunakan piston), sebaiknya ganti
denganyang baru.
d. Mungkin terjadi kebocoran pada silinder atau kebocoran
minyak pelumas
perawatan
kulkas agar kulkas Anda awet dan selalu
dalam kondisi yang baik.
1. Penempatan Kulkas di Ruangan
Sebelum digunakan, Anda sebaiknya membersihkan kulkas dari kotoran dan debu, termasuk bagian-bagian kotak es dan rak-raknya. Penempatan kulkas harus dihindarkan dari tempat lembab seperti di dekat kamar mandi ataupun tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Standarnya, kulkas harus diberikan jarak sekitar 1 inchi dari dinding di belakangnya, 10 inchi dari atap, dan 2,5 cm dari lantai agar sirkulasi udara terjamin dengan baik. Anda sebaiknya menggunakan stop kontak tunggal khusus untuk kulkas Anda agar aliran listrik ke kulkas tetap stabil. Untuk penggunaan pertama kali, operasikan kulkas dalam keadaan kosong selama 2-3 jam agar suhu operasi kulkas Anda stabil.
2. Penataan Makanan di Dalam Kulkas
1. Penempatan Kulkas di Ruangan
Sebelum digunakan, Anda sebaiknya membersihkan kulkas dari kotoran dan debu, termasuk bagian-bagian kotak es dan rak-raknya. Penempatan kulkas harus dihindarkan dari tempat lembab seperti di dekat kamar mandi ataupun tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Standarnya, kulkas harus diberikan jarak sekitar 1 inchi dari dinding di belakangnya, 10 inchi dari atap, dan 2,5 cm dari lantai agar sirkulasi udara terjamin dengan baik. Anda sebaiknya menggunakan stop kontak tunggal khusus untuk kulkas Anda agar aliran listrik ke kulkas tetap stabil. Untuk penggunaan pertama kali, operasikan kulkas dalam keadaan kosong selama 2-3 jam agar suhu operasi kulkas Anda stabil.
2. Penataan Makanan di Dalam Kulkas
Kulkas memang
digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama dan kualitasnya
terjaga. Namun karena setiap bahan makanan mempunyai karakteristik
sendiri-sendiri, sebaiknya Anda memperhatikan penataan bahan-bahan makanan di
dalam kulkas. Umumnya, buah dan sayur bisa disimpan selama 3-4 hari, ikan segar
1-2 hari, daging potong 4-5 hari, dan telur bisa sampai 2 minggu. Evaporator,
tempat pembuatan batu es yang terdapat di dalam kulkas, perlu perhatian yang
lebih karena suhunya jauh lebih dingin. Makanan yang memiliki banyak kandungan
air seperti buah dan sayuran dilarang dimasukkan ke evaporator karena akan
mudah busuk. Botol kaca berisi air juga tidak boleh dimasukkan ke evaporator
karena botol itu bisa pecah ketika membeku.
3. Pembersihan Kulkas secara Berkala
Agar kulkas berada dalam kondisi yang baik, kulkas sebaiknya dibersihkan secara berkala. Bau yang tidak enak dari bahan-bahan makanan yang disimpan terlalu lama bisa memperburuk kondisi kulkas. Sebelum membersihkan kulkas, matikan stop kontak ke kulkas dan keluarkan semua bahan makanan dari dalam kulkas. Bersihkan tumpahan bahan makanan agar tidak timbul bekas kotoran permanen pada permukaan plastik. Permukaan plastik tidak boleh dibersihkan dengan sikat kasar atau dengan larutan kimia. Bagian luar kulkas bisa dibersihkan dengan sabun dengan busa lunak agar tidak menggores permukaan kulkas.
4. Penanganan Bila Terjadi Gangguan
Bagian evaporator sangat rentan terhadap benturan, jadi Anda sebaiknya menghindari penggunaan benda tajam untuk mengambil batu es. Bila es sudah cukup tebal diamkanlah beberapa waktu untuk meleburkan bunga es. Secara berkala, periksalah jaringan listrik menuju kulkas agar listriknya stabil. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kulkas tidak bisa dingin dengan baik, bisa saja pengatur suhu tidak disetting dengan tepat, letak kulkas terlalu dekat dengan dinding, suhu ruangan yang panas, atau pintu kulkas sering ditinggalkan dalam posisi terbuka. Bila kerusakan sudah tidak bisa Anda tangani, sebaiknya Anda menghubungi customer service
3. Pembersihan Kulkas secara Berkala
Agar kulkas berada dalam kondisi yang baik, kulkas sebaiknya dibersihkan secara berkala. Bau yang tidak enak dari bahan-bahan makanan yang disimpan terlalu lama bisa memperburuk kondisi kulkas. Sebelum membersihkan kulkas, matikan stop kontak ke kulkas dan keluarkan semua bahan makanan dari dalam kulkas. Bersihkan tumpahan bahan makanan agar tidak timbul bekas kotoran permanen pada permukaan plastik. Permukaan plastik tidak boleh dibersihkan dengan sikat kasar atau dengan larutan kimia. Bagian luar kulkas bisa dibersihkan dengan sabun dengan busa lunak agar tidak menggores permukaan kulkas.
4. Penanganan Bila Terjadi Gangguan
Bagian evaporator sangat rentan terhadap benturan, jadi Anda sebaiknya menghindari penggunaan benda tajam untuk mengambil batu es. Bila es sudah cukup tebal diamkanlah beberapa waktu untuk meleburkan bunga es. Secara berkala, periksalah jaringan listrik menuju kulkas agar listriknya stabil. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kulkas tidak bisa dingin dengan baik, bisa saja pengatur suhu tidak disetting dengan tepat, letak kulkas terlalu dekat dengan dinding, suhu ruangan yang panas, atau pintu kulkas sering ditinggalkan dalam posisi terbuka. Bila kerusakan sudah tidak bisa Anda tangani, sebaiknya Anda menghubungi customer service
Komentar
Posting Komentar