Perbaikan dan Perawatan Kulkas

Kulkas adalah suatu unit mesin pendingin dipergunakan dalam rumah tangga, untuk menyimpan bahan makanan atau minuman. Untuk menguapkan bahan pendingin diperlukan panas.Lemari es memanfaatkan sifat ini. Bahan pendingin yang digunakan sudah menguap pada suhu -200C. panas yang diperlukan untuk penguapan ini diambil dari ruang pendingin, karena itu suhu dalam ruangan ini akan turun. Penguapan berlangsung dalam evaporator yang ditempatkan dalam ruang pendingin. Karena sirkulasi udara, ruang pendingin ini akan menjadi dingin seluruhnya. Komponen utama dari lemari es adalah kompresor, kondensor, katup ekpansi, evaporator dan refrigerant. Lemari es bekerja dengan cara mensirkulasikan refrigerant. Biasanya kondensor terletak dibelakan kulkas dan bersentuhan dengan udara luar, sedangkan evaporator terletak di dalam yang akan berfungsi untuk mendinginkan isi kulkas.
1.                   Diagram Rankaian
Description: gambar rangkaian
 














2.                  Jenis-Jenis Kulkas
1.                  Jenis Non Frezer
Lemari Es (kulkas) di rumah kita digolongkan non Frezer apabila bagian di dalam lemari Es tidak hanya evaporator (Bagian pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di bagian atas dan ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkasdua pintu dan seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar dibandingkanevaporator kulkas satu pintu.Temperatur dingin pada rak-rak dibawah evaporator, sebenarnya berasal dari hembusan udara dingin dari evaporator. Bagian rak ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman.
Description: I:\Images\cfc-free-refrigerator.jpg
2.                  Jenis Frezer
Lemari es Freezer dapat membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi Es di bagiannya. Biasanya , lemari es jenis ini digunakan untuk kegiatanwirausaha , sepertipenjual es batu atau es lilin. Tidak seperti kulkasbiasanya kulkas Freezer memilikievaporator di setiap raknya. Jadi kulkas freezer mampu membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es non freezer .
Description: I:\Images\1324350082_292822639_1-Gambar--Jual-kulkas-free.jpg



3.                  Jenis Door Glass Refrigerator
Kulkas pintu kaca termasuk jenis kulkas non freezer. Kulkas jenis ini digunakan khususuntuk menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari kaca,memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur yangdihasilkan oleh kulkas pintukaca berkisar antara 10-16 derajat celcius. Kulkas ini tidakmembekukan minuman yang ada di dalamnya, tetapi hanya mendinginkannya ataumenyegarkannya.

Description: I:\Images\commercial-glass-door-refrigerator-56783-169230.jpg


4.                  Bagian-bagian kulkas

        Sebelum mengetahui cara kerja kulkas, ada baiknya kita mengenal bagian-bagian kulkas terlebih dahulu. Kulkas memiliki 9 bagian atau komponen utama, yaitu :


1. Kompresor 


Kompresor merupakan bagian terpenting di dalam kulkas . Apabila di analogikan dengan tubuh manusia, kompresor sama dengan jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan kompresor, berfungsi memompa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAXyaRqLXRSRwTkjwaQY5icHQyw8E_V9Ty1-NH6NVpQOBS2AyZtyY_YiJSTYelp-qD8HmsEi6AQY4L8p94ywiBAUx_bS0lcZMHfqasYlwon5-e7HHEIiAG9mqJCic0ctzLfuaQ3sL_U2Gl/s1600/kopresor.jpg

Description: Bagian Kompresor

Kompresor Hermetik
a.       rotor
b.      stator
c.        silinder
d.      poros engkol
e.       saluran isap
f.       saluran pengeluaran refrigerant
g.      sambungan
h.      terminal

           
2. Kondensor 


Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilIjWJ8Qh8wejKAM8iqe2L1ucacNgFyB-SkgVs5af4t_JeguWlQgZ6lj47AEkkBcUodIFbO5oNRNoie1OZtlAPxPaJB4lBQHpvYqPZVAJzko3bP6iwU1Q-KzvrGnjMVkXzfAkzHAUrbH9j/s1600/h10.jpg
3. Filter 


Filter (saringan) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu, bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPxgvK7LT6gBS8eUCnTKvFcjxcFDSxxD0-68IiJ-4zcr6FmsKVrmdPrpX0KpP0rgdMg-Pum237BNXy6c3iIVM2T5Ce9JAFSJgRMEy0T8gi_UmZdv0XG2wM9ZQ6zERBP_qQleEjB5e9-QPN/s1600/FILTER.jpg
   
4. Evaporator 
Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas. Kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6FMALK9tpIcbLRHBBCqwxZSfQ3boHiyYptFp1mh9HpYFdkPwpsAy9R8MWn-HUHarO96edQ4FLOTIGyDpS8FtdWVck3Xpg8oCYc07hy50fJ1T5rCcU02ohr4Jwp6UhJC6FiE05Ll0rzvNV/s1600/evaporator.jpeg
                                                                                              

5. Thermostat. 
Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Thermostat biasanya disebut saklar otomatis yang bekerja berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsgkv2Zjcb1wFaxHfJgm_N53OcX4JSRjhsDylwsIG0cyNyeDqC-K_hOTWUeNAtrzCxGXqHjEsFZqk4r4z_oldLslOxy5sZ98k1yCcJinOjSkjDOsIPUTxAkjZMmsoF_Ni9GuQP_cHJQ2bG/s1600/termostat.jpeg
                                                                
                
6. Heater. 
Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator. Selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNmGXpX3z09x0b-DFkFcutoFRvlwEkZjzlrrA5bplAca08oOs2GO35Qy1d9_xnx55cbxQXKV3uO9PwIgs_UNAkQAkeroSqUrqqKlGVLBhbbq4BN7jTY7qxhuqqQl3C6nmMyBadv0Tivvnz/s1600/heater.jpg
                                                                         
                                                               
   
7. Fan Motor. 
Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . Pada kulkas ada dua jenis fan, yaitu Fan Motor Evaporator, yang berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak (rak es , sayur ,dan buah), dan Fan Motor Kondensor yaitu kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi juga untuk mendinginkan kompresor.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpaSZhEm8INqHNUqsWkmJL8GnT8dmNXKWsUi1s1QanqPF7Wl0ieP2VirNNKMVYu453qiBZxwX5dUQ_kCie_qnFkWqG16me1mUKerZNcGq1nvnjZ-vG2x7IaAraD8aQFt-zRuH0uNGt4TDv/s1600/fan.jpeg
                                                            Fan Motor
                   
8. Overload Motor Protector 
Overload motor protector adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhesvVXSfH3TC5c050rWjoo5lZaW-UCLHUniFjquD7JJ6McQxdUbL5J6cRY-1e7j-GYUSt6x6cXuT5piQPyjbM5tp5TMbVWsnm8nUwDhEj7uG1Rn9nB4c4qwq1UM9k_liOfmfqUmpwvOL8U/s1600/overload.jpg
                                                          
                       
9. Bahan Pendingin (Refrigerant). 
Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.
http://4.bp.blogspot.com/-ziPJ8qevVpw/URjQwSWcyTI/AAAAAAAAAEE/yLdkmPppP7A/s1600/pendingin.jpeg
Description: Refrigerant


5.                  SISTEM KERJA KULKAS
          Sistem kerja lemari es dimulai dari bagian kompresor sebagai jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Pada saat dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin. 
          Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi. 
          Dengan wujud seperti itu, memungkinkan refrigerant mengalir menuju kondensor. Dan disaring oleh Dryer / Filter. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan kembali menjadi wujud cair, Refrigerant cair bertekanan tinggi akan terdorong menuju pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant akan naik ke evaporator akibat tekanan kapilaritas yang dimiliki oleh pipa kapiler. 
          Saat berada di dalam evaporator, refrigerant cair akan menguap dan wujudnya akan kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah. Akibat dari proses tersebut, udara yang berada di sekitar evaporator akan menjadi bersuhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi wujud cair.
          Pada kondisi yang berulang akan memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda ataupun air yang dengan sengaja diletakkan pada sekitar evaporator.









6.                  Kerusakan yang bisaa terjadi pada lemari es adalah :
1.      Mesin kulkas tidak bekerja
            Mesin kulkas ada yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja sama
sekali meskipun socket sudah terhubung ke sumber (PLN). Motor tidak terdengar bergerak, kompresorpun demikian. Umumnya jika hal ini terjadi bisa disebabkan oleh:
a.       Mungkin ada kabel jeck yang putus, maka langkah yang harus dilakukan adalah :
Ø  Memeriksa sambungan kabel dan jeck, bisaanya gangguan ada di daerah ini dengan putusnya kabel.
Ø  Periksa seluruh permukaan kabel mulai dari jeck sampai ke mesin pendingin.
Ø  Periksa pula sambungan yang menuju atau yang menempel pada motor (dinamo). Mungkin pada taptapnya terlepas.
b.      Mungkin overload terbuka
Apabila gangguan terjadi tegangan menjadi turun bahkan hilang sama sekali, maka lakukanlah hal berikut :
Ø  Periksa sumber tegangan.
Ø  Ukurlah tegangan yang masuk apakah sesuai dengan kebutuhan mesinpendingin.
Ø  Carilah lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi turun.
c.       Mungkin starting pada kapasitor terbuka
Hal yang perlu dilakukan adalah :
Ø  Periksalah kapasitornya.
Ø  Jika ternyata sudah aus, maka ganti dengan yang baru.
d.      Mungkin kontak pada relay terus terbuka sehingga arus tidak terhubung yangmenyebabkan motor tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati. Langkah yangharus dilakukan adalah;
Ø  Periksa kabelkabel pada relay yang bersangkutan.
Ø  Periksa platplat apakah masih berfungsi.
Ø  Periksa system penyetelan, apakah normal.
e.       Open circuit pada starting winding tidak jalan sama sekali.
Tindakan yang harusdilakukan adalah;
Ø  Jika memang terdapat gangguan maka diperlukan perbaikan dengan cara    pengaturan yang sesuai dengan petunjuk kerja.
2.      Kompresor tidak bisa start dan mendengung
Kemiungkinan Penyebabnya adalah :
a.       Adanya perawatan dan pemakaian yang salah
Halhal yang haus diperhatikan adalah;
Ø  Periksalah socket (jeck) yang berhubungan dengan stop kontak PLN, apakah ada kabel yang terlepas di dalamnya.
Ø  Periksa bagian kabel penghubung arus, mungkin ada yang terputus atau tidak stabil dalam penyambungannya.
Ø  Periksa bagian taptap penghubung ke kabel listrik, mungkin ada yang menempel kurang sempurna.
b.      Adanya penurunan arus dan tegangan listrik yang masuk ke mesin motor (dinamo).
Langkahlangkah yang bisa dilakukan adalah :
Ø  Periksa pada bagian sumber tegangan.
Ø  Periksa tap penghubung yang tidak terpasang sempurna.
Ø  Ukur tegangan apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.
c.       Adanya kapasitor starting yang terbuka
Langkahlangkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :
Ø  Periksalah apakah kapasitor starting sudah benarbenar aus, jika benar         sudah aus sebaiknya jangan diperbaiki karena hal ini akan terulang lagi     tetapi gantilah dengan yang baru dengan kapasitas yang sama.
d.      Adanya relay kontak yang terus terbuka. Jika system kerja tidak normal bisamemberikan arus yang kecil bahkan hilang sama sekali.
Hal yang perludilakukan adalah sebagai berikut :
Ø  Periksalah, mungkin posisi kontak tidak normal, jika memang demikian       maka perlu dilakukan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang ada.
e.       Adanya open circuit pada starting winding.
Langkahlangkah pemeriksaanya adalah :
Ø  Periksa taptap pada kontak yang berhubungan dengan mesin          kompresor.
Ø  Seandainya ada yang terlepas dan bisa diperbaiki hendaknya dilakukan      perbaikan dan jika tidak memungkinkan diperbaiki maka gantilah dengan       yang baru.
f.       Lilitan (spoel) korseleting dengan body
Langkahlangkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
Ø  Periksalah apakah memang ada konsleting dengan menggunakan     multimeter (Ohm meter).
Ø  Periksa kontakkontak ujung atau taptap spoel.
Ø  Perbaiki dengan benar agar tidak terjadi lagi konsleting, bisaanya jika          terjadi konsleting pada bagian ini maka zeekering akan putus.
g.      Adanya tekanan kompresor yang naik melebihi batas,
Langkahlangkah yangdiperlukan adalah sebagai berikut :
Ø  Periksa filter atau saringan pada daerah dekat katup, kemungkinan kotor karena tersumbat.
Ø  Periksa discharge line, kemungkinan tersumbat, jika bisa dibersihkan saja atau diganti dengan yang baru.
h.      Adanya kompresor yang macet
Tindakan yang diperlukan adalah sebagai berikut :
Ø  Periksalah kompresor, buka dengan hatihati, mungkin minyak pelumasnya berkurang atau habis sehingga silinder mengembang dan piston macet.
Ø  Berilah minyak pelumas sesuai dengan petunjuk yang berlaku dan periksalah silinder maupun ring pistonya.
i.        Adanya kerusakan pada kapasitor starting

3.      Kompresor bisa start tapi starting winding tidak lepas
Jika gangguan ini terjadi, kemungkinan penyebabnya adalah :
a.       Mungkin ada arus listrik dari sumbernya turun
Langkah yang perlu dilakukan adalah :
Ø  Periksa penghantar listrik, mulai dari stop kontak, kabelkabel
b.      Mungkin ada rangkaian listrik yang salah.
c.       Mungkin adanya bagian relay kontak yang rusak
Langkahlangkah yang harusdiperhatikan dalam hal ini adalah :
Ø  Periksa hubungan arus pada relay menggunakan multimeter
Ø  Periksa, kemungkinan ada bagianbagian yang kurang normal. Perlu diperbaiki sesuai dengan pedoman.
Ø  Jika memang relay rusak dan tidak bisa diperbaiki maka sebaiknya ganti dengan yang baru.
d.      Adanya kapasitas yang lemah. Periksa kapasitor, jika terjadi kerusakan makasebaiknya diganti.
e.       Adanya tekanan tinggi dibagian pipa bertekanan tinggi (dari katub tekan pipadischarge line sampai pada pipa kondensor).
Pada tekanan tinggi yang melampaui batas kemungkinan pula adanya gangguanpada kompresor, misalnya putaran kompresor yang tidak lancer. Maka langkah yang perlu dilakukan adalah :
Ø  Periksa kompresor, piston, dan ringnya.
Ø  Periksa minyak pelumas barangkali berkurang.
Ø  Periksa katub penghisap dan katub tekannya
Ø  Periksa kerja dynamo dan segala yang berhubungan dengannya.
4.      Overload membuka, kompresor bisa start atau berkerja
Bagianbagian yang diduga terdapat gangguan adalah :
a.       Mungkin tegangan turun.
b.      Arus yang melewati overload melebihi batas normal
Hal – hal yang perlu dilakukan adalah :
Ø  Periksa pada bagian fan, mungkin pemasangannya tidak tepat denganoverload, kemudian periksa lagi apakah ada bagian yang konsleting.
c.       Pada bagian tekanan rendah terjadi kompresi (tekanan yang tinggi).
d.      Keadaan over load sudah aus atau lemah
Langkah yang bisa dilakukan adalah :
Ø  Periksa overloadnya.
Ø  Periksa arusnya apakah normal.
Ø  Jika overload lemah maka gantilah dengan yang baru.
e.       Running kapasitor aus atau rusak, jika rusak ganti dengan yang baru.
f.       Bagian stator yang konsleting dengan bodynya, periksalah dengan menggunakanmultimeter, jika terjadi keruskaan maka harus diperbaiki atau diganti.
g.      Gerakan kompresi pada piston kompresor melemah.
h.      Katub tekan pada discharge line bocor. Ini akan menyebabkan overload terusmenutup dan tidak bisa bergerak secara otomatis. Bila tekanan kurang darikeadaan sesungguhnya, katub kompresor perlu diganti dengan yang baru.
i.        Pendingin pada dynamo tidak mampu.
5.      Starting kapasitor terbakar
Starting kapasitor berfungsi untuk memperkuat motor pada saat mulai hidup. Jikakapasitor terbakar atau konsleting maka ia akan terbakar. Gangguan tersebut dimungkinkan karena sebabsebab sebagai berikut :
a.       Terlalu sering start pada dynamo.
Keadaan seperti ini akan menambah beban bagi starting kapasitornya, sebabdengan seringnya start, makin sering pula kapasitor membantu untukmenggerakkan motor pada awal putarannya. Hal ini menyebabkan startingkompresor menjadi terbakar.
b.      Terlalu lama kumparan bantu starting winding bersambung ketika start. Jika halini terjadi maka perlu dilakukan penaikan tegangan, kemudian periksa relay jikarusak maka diganti.
c.       Kemungkinan adanya gangguan pada relay.
d.      Kemungkinan kapasitas kapasitor tidak sesuai.
e.       Terminal kapasitor konsleting karena adanya air.
6.      Bagian relay terbakar
Jika relay rusak, maka dynamo dan kompresor tidak akan bekerja atau sebaliknya bekerja terus menerus tanpa berhenti secara otomatis.
Relay yang rusak kemungkinan disebabkan oleh :
a.         Adanya arus dan tegangan yang rendah atau sebaliknya.
b.         Adanya running kapasitor yang tidak sesuai
c.         Adanya relay yang terus bergetar.
d.        Mungkin relay tidak cocok dengan spoel running.
7.      Running kapasitor terbakar
            Jika running kapasitor terbakar akan mengganggu dan mempengaruhi daya             kerja mesin. hal ini bisa disebabkan oleh;
a.       Arus dan tegangan melebihi batas.
b.      Ratting tegangan tidak cocok dengan kapasitor.
c.       Terminal kapasitor basah dan terjadi konsleting
8.      Refrigerator suction terlalu panas
Refrigerator suction yang terlalu panas dan tidak dingin termasuk suatu gangguan.Hal ini tidak boleh dibiarkan. Bisaanya pada suction memang dalam keadaan tempeartur tinggi tapi kadang kala berubahubah. Jika tidak berarti ada kesalahan pada rengkaian evaporatormaupun yang lainnya. Dimungkinkan karena :
a.       Pintu lemari es (mesin) pendingin sering dibuka.
b.      Rak dalam ruangan kulkas terlalu penuhsesak isinya.
c.       Makanan yang masih panas langsung dinamukkan ke dalam ruang kulkas.
d.      Kebocoran pada karet perapat pintu.
e.       Lampu pada ruang kulkas tidak bisa mati secara otomatis.
f.       Kesalahan dalam pengaturan thermostat (bisaanya kesalahan pada penyetelan,yakni disetel pada posisi warmer, padahal jika dijumpai refrigerator suctionyang terlalu panas, hendaknya thermostat disetel pada posisi colder).
g.      Fan (kipas) sirkulasi dingin tidak normal kerjanya.
h.      Katub penghisab pada kompresor tidak normal. Hal ini disebabkan karena gasFreon tidak bisa dihisap oleh katub tersebut sehingga terjadi tekanan padasuction line.
9.      Gangguan berupa suara berisik
            Kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh :
a.       Adanya pipa yang berhimpitan dengan cabinet.
b.      Adanya skrup atau baut yang kurang keras atau terlepas.
c.       Mungkin pada fan ada kerusakan.
d.      Mungkin pada kompresor terjadi kerusakan.
e.       Jika memungkinkan untuk diperbaiki lagi maka diperbaiki tetapi kalau kerusakanfatal sebaiknya diganti dengan komponen yang baru.
10.     Kompresor macet
Motor berputar jika mendapat tegangan, tetapi kompresor tidak bekerja. Karenakompresor tidak bekerja maka gas Freon dalam rangkaian pipa akan pasip. Penyebab kompresor macet bisa disebabkan oleh halhal sebagai berikut :
a.       Adanya katub yang sudah aus (bila rusak hendak diganti dengan yang baru).
b.      Mungkin minyak pelumasnya berkurang (bisaanya terjadi pada kompresor yangmenggunakan piston).
c.       Mungkin kompresor terlalu panas, sehingga ruang silinder akan mengembang sehingga menyebabkan penyempitan pada silinder sehingga menjadi macet(bisaanya terjadi pada system menggunakan piston), sebaiknya ganti denganyang baru.
d.      Mungkin terjadi kebocoran pada silinder atau kebocoran minyak pelumas

perawatan kulkas agar kulkas Anda awet dan selalu dalam kondisi yang baik.

1. Penempatan Kulkas di Ruangan
Sebelum digunakan, Anda sebaiknya membersihkan kulkas dari kotoran dan debu, termasuk bagian-bagian kotak es dan rak-raknya. Penempatan kulkas harus dihindarkan dari tempat lembab seperti di dekat kamar mandi ataupun tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Standarnya, kulkas harus diberikan jarak sekitar 1 inchi dari dinding di belakangnya, 10 inchi dari atap, dan 2,5 cm dari lantai agar sirkulasi udara terjamin dengan baik. Anda sebaiknya menggunakan stop kontak tunggal khusus untuk kulkas Anda agar aliran listrik ke kulkas tetap stabil. Untuk penggunaan pertama kali, operasikan kulkas dalam keadaan kosong selama 2-3 jam agar suhu operasi kulkas Anda stabil.

2. Penataan Makanan di Dalam Kulkas

Description: https://www.hartonoelektronika.com/artimages/kulkas.jpg

Kulkas memang digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar bisa tahan lama dan kualitasnya terjaga. Namun karena setiap bahan makanan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, sebaiknya Anda memperhatikan penataan bahan-bahan makanan di dalam kulkas. Umumnya, buah dan sayur bisa disimpan selama 3-4 hari, ikan segar 1-2 hari, daging potong 4-5 hari, dan telur bisa sampai 2 minggu. Evaporator, tempat pembuatan batu es yang terdapat di dalam kulkas, perlu perhatian yang lebih karena suhunya jauh lebih dingin. Makanan yang memiliki banyak kandungan air seperti buah dan sayuran dilarang dimasukkan ke evaporator karena akan mudah busuk. Botol kaca berisi air juga tidak boleh dimasukkan ke evaporator karena botol itu bisa pecah ketika membeku.

3. Pembersihan Kulkas secara Berkala
Agar kulkas berada dalam kondisi yang baik, kulkas sebaiknya dibersihkan secara berkala. Bau yang tidak enak dari bahan-bahan makanan yang disimpan terlalu lama bisa memperburuk kondisi kulkas. Sebelum membersihkan kulkas, matikan stop kontak ke kulkas dan keluarkan semua bahan makanan dari dalam kulkas. Bersihkan tumpahan bahan makanan agar tidak timbul bekas kotoran permanen pada permukaan plastik. Permukaan plastik tidak boleh dibersihkan dengan sikat kasar atau dengan larutan kimia. Bagian luar kulkas bisa dibersihkan dengan sabun dengan busa lunak agar tidak menggores permukaan kulkas.

4. Penanganan Bila Terjadi Gangguan
Bagian evaporator sangat rentan terhadap benturan, jadi Anda sebaiknya menghindari penggunaan benda tajam untuk mengambil batu es. Bila es sudah cukup tebal diamkanlah beberapa waktu untuk meleburkan bunga es. Secara berkala, periksalah jaringan listrik menuju kulkas agar listriknya stabil. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kulkas tidak bisa dingin dengan baik, bisa saja pengatur suhu tidak disetting dengan tepat, letak kulkas terlalu dekat dengan dinding, suhu ruangan yang panas, atau pintu kulkas sering ditinggalkan dalam posisi terbuka. Bila kerusakan sudah tidak bisa Anda tangani, sebaiknya Anda menghubungi customer service

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL TEI (TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI)

Sensor Ultrasonik HC-SR04